ANALISA PRODUK SELAI NUTELLA


Kali ini gue mau membahas tentang marketing mix 4P selai Nutella, selai coklat hazelnut yang sampai sekarang masih nge trend, tidak hanya di Indonesia, seluruh dunia pun mengenalnya, bahkan menyukainya. Pertama kali dipasarkan pada tahun 1964 yang dipasarkan oleh Ferrero. Ferrero adalah sebuah perusahaan makanan yang terletak di Italia. Sementara setiap tahun, seperti dikutip dari Fine Dining Lovers, selai Nutella bisa terjual hingga $ 19 miliar (Rp 270 triliun). Hasilnya, Nutella pun berhasil menjadi selai cokelat hazelnut yang paling terkenal di dunia.

1.     Product
Nutella berasal dari gianduja, gianduja adalah campuran sekitar 70% pasta hazelnut dan 30% cokelat. Gianduja ditemukan di Turin, Italia saat pemerintahan Napoleon sekitar tahun 1800. Dalam hukum Italia, Nutella hanya bisa disebut krim hazelnut karena nuttela tidak mengandung jumlah yang cukup untuk kandungan cokelat agar disebut cokelat. Ferrero menggunakan 50 buah hazelnut dalam tiap stoples Nuttela yang diproduksi. Dengan tagline "Spread The Happy" memberi aura positif kepada audiens untuk tetap senang dan menyebarkan kesenangan dengan Nutella.

Untuk komposisinya, Nutella terdiri dari 70% lemak dan gula. Dua sendok makan nutella mengandung 200 kalori, 11 gram lemak, dan 21 gram gula. Ferrero bahkan pernah digugat beberapa tahun lalu atas iklan produk yang dinilai palsu. Karena menyebut nutella merupakan sajian bernutrisi.


Cara pemakaiannya :









Terdapat varian selain spread Nutella, yaitu selai Nutella, Nutella & go (snack) , Nutella & Go esthe ( tidak dijual di Indonesia)


Selai Nutella cocok di konsumsi untuk sarapan dengan roti, sedangkan Nutella & Go di konsumsi      
Sebagai snack karena bentuknya yang sangat ergonomis.





2.      Place



Nutella diproduksi di berbagai fasilitas. Di pasar Amerika Utara, diproduksi di pabrik di Brantford, Ontario di Kanada dan yang lebih baru di San José Iturbide, Guanajuato, Meksiko.

Namun, untuk pembelian selai Nutella cukup strategis. Selai Nutella dapat dibeli di Alfamart, Indomaret, Giant, Hypermart, Ranch & Market, dan supermarketnya, untuk Nutella & Go cukup terbatas hanya bisa dibeli di toko online shop seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan lainnya.




3.      Promotion
Pada tanggal 5 Februari adalah hari Nutella, wah nggak kebayang dong gimana gedenya promosi Nutella ini?




Hari Nutella sedunia ini pertama kali dicetuskan oleh seorang blogger amerika yang bernama Sara Rosso pada tanggal 5 Februari 2007, ia sangat mencintai Nutella dan ia pikir akan pantas untuk mendapatkan hari perayaan. Ternyata seluruh fans Nutella menyetujui dan menyukainya, mereka ikut meriahkan hari raya Nutella dengan menshare video, foto, resep, dan pesan. Di tahun 2015, Sara Rosso memindahkan Hari raya Nutella kepada Ferrero ( pemilik Nutella ) agar bisa di atur menjadi lebih hidup.
Di samping itu, teknik pemasaran Nutella adalah melewati poster, iklan tv, resep, dan dibantu oleh fans nya sendiri dengan karyanya masing-masing.

Berikut adalah contoh dari poster Nutella



poster jaman dulu

Poster jaman sekarang


Lalu, di Indonesia juga mengadakan eksperimen untuk berbagi-bagi Nutella di tengah kemacetan lalu lintas, seperti taglinenya Nutella "Spread The Happy" maka Nutella Indonesia inisiatif untuk berbagi kebahagiaan. 


Untuk menambah perhatian target audiens Nutella, Nutella juga membuat konten "Mummypedia" yang berisikan tentang tips dan trik untuk menenangkan anak atau membuat mood anak menjadi lebih happy dengan Nutella











                                

Target audience dari nutella adalah ibu berumur 30 - 40 yang mempunyai kesibukan dan harus menyempatkan sarapan untuk anak-anaknya dengan praktis namun tetap bisa dinikmati. Namun, saking lezatnya Nutella dan bisa diaplikasikan ke makanan yang cocok dengan coklat. target market bisa meluas ke pembisnis dan target audiens bisa meluas ke remaja yang suka menjelajahi makanan. untuk itu, tak heran jika diadakan hari raya Nutella, penggemarnya sudah tersebar luas.







4. Price
untuk harga satu jar nutella 15 gram, seharga 43.000. produk ini untuk keluarga yang menengah ke atas, namun dengan harga 43.000, rasa selai coklat hazelnut sangat worth it

Berikut adalah foto Nutella berada di tempat shelfnya


Harganya 43.000 namun worth it untuk dikonsumsi









Comments

Popular posts from this blog

DOVE - CHOOSE BEAUTIFUL. BRAND YANG MENGIKLANKAN DENGAN MEDIA UNIK

ANALISA COPYWRITING BRAND SPOTIFY