ANALISA KITTU KITSU CASE STUDY JAPAN

Siapa sih yang tidak suka coklat? Bahkan orang dewasa pun masih bisa menikmati coklat yang bisa meningkatkan mood agar menjadi lebih tenang dan gembira. Namun, sudah banyak coklat di dunia ini yang mempunyai manfaat sama. Untuk membedakannya, kali ini Kit Kat mempunyai Teknik pemasaran baru dengan menganalisa dan mengerti target audiens dengan apa yang mereka suka, bagaimana membuat mereka merasa termotivasi, dan menyebarkan aura positif melewati Kit-Kat.

Kali ini Kit Kat menyebarkan pemasaran barunya di Jepang. Di Jepang, Kit Kat dibaca dengan “Kitto Katsu” yang artinya “Surely Win” atau “Pasti Menang”. Mengapa begitu? karena Kit-Kat melihat Jepang merupakan negara yang mempunyai masyarakat yang padat sedunia, mempunyai masyarakat yang kompleks, dan mempunyai pasar yang agresif yang tentunya banyak orang yang mempunyai tekanan dan hasrat untuk “Pasti Menang”. Dikemas dengan packaging yang bergambar bunga sakura (melambangkan warga Jepang). Target audiens terobosan baru ini adalah kepada pelajar yang masih SD - kuliah. Setiap musim semi, teman-teman dan keluarga mengirimkan pesan “good luck”  kepada pelajar  yang ingin mengikuti ujian. Setelah sukses dikonsumsi oleh para pelajar, Kit Kat mencoba melihat lebih jauh lagi dan mempunyai rasa ingin tahu apakah Kit Kat bisa memperlebar target marketnya yaitu masyarakat Jepang untuk bisa memotivasi pelajar melewati Kit Kat dengan pesan “Keitel Katsu” yang artinya adalah “kamu pasti menang dalam ujian”

Untuk mewujudkan misi tersebut, pentingnya melihat tempat untuk meletakkan produk di tempat strategis agar lebih efisien untuk dibeli. Kit Kat menemukan tempat yang mempunyai cabang lebih dari 20.000 tempat dan banyak dikunjungi masyarakat setiap minggu, yaitu kantor pos mengirim surat. Dalam pemasaran tersebut, Kit Kat menjadi Kit-Kat Mail. Kit-Kat mail dengan isi yang lebih banyak, packaging masih menggunakan gambar bunga sakura, dan dibelakang packaging tersebut terdapat space untuk menulis pesan kepada yang dituju.  Bisa ditemukan di pos dan langsung mengirimkan pesan untuk yang dituju. Dapat dilihat bahwa Kit Kat dapat disebarkan di 22.000 kantor pos dalam sehari tanpa kompetitor. Target market menjadi melebar ke seluruh masyarakat Jepang.


Berhasil tidaknya suatu perusahaan dalam memasarkan coklat dibutuhkan teknik pemasaran yang baik dan tepat, sebab teknik dalam memasarkan sebuah produk merupakan ujung tombak bagi perusahaan dalam mencapai tujuannya. Kit Kat berhasil memasarkan dengan hasil kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Untuk mencapai strategi pemasaran yang baik, perlu dianalisis tentang marketing mix (product, place, price, promotion), menentukan target market dan target audiens, strategi yang jelas, branding, promosi dan iklan, costumer relationship management, dan yang lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

ANALISA PRODUK SELAI NUTELLA

DOVE - CHOOSE BEAUTIFUL. BRAND YANG MENGIKLANKAN DENGAN MEDIA UNIK

ANALISA COPYWRITING BRAND SPOTIFY