ANALISA KITTU KITSU CASE STUDY JAPAN
Siapa sih yang tidak suka coklat? Bahkan orang dewasa pun masih
bisa menikmati coklat yang bisa meningkatkan mood agar menjadi lebih tenang dan
gembira. Namun, sudah banyak coklat di dunia ini yang mempunyai manfaat sama. Untuk
membedakannya, kali ini Kit Kat mempunyai Teknik pemasaran baru dengan menganalisa
dan mengerti target audiens dengan apa yang mereka suka, bagaimana membuat
mereka merasa termotivasi, dan menyebarkan aura positif melewati Kit-Kat.
Kali ini Kit Kat menyebarkan pemasaran barunya di Jepang. Di
Jepang, Kit Kat dibaca dengan “Kitto Katsu” yang artinya “Surely Win” atau “Pasti
Menang”. Mengapa begitu? karena Kit-Kat melihat Jepang merupakan negara yang
mempunyai masyarakat yang padat sedunia, mempunyai masyarakat yang kompleks,
dan mempunyai pasar yang agresif yang tentunya banyak orang yang mempunyai tekanan
dan hasrat untuk “Pasti Menang”. Dikemas dengan packaging yang bergambar bunga sakura (melambangkan warga Jepang). Target
audiens terobosan baru ini adalah kepada pelajar yang masih SD - kuliah. Setiap
musim semi, teman-teman dan keluarga mengirimkan pesan “good luck” kepada pelajar yang ingin mengikuti ujian. Setelah sukses dikonsumsi
oleh para pelajar, Kit Kat mencoba melihat lebih jauh lagi dan mempunyai rasa
ingin tahu apakah Kit Kat bisa memperlebar target marketnya yaitu masyarakat
Jepang untuk bisa memotivasi pelajar melewati Kit Kat dengan pesan “Keitel
Katsu” yang artinya adalah “kamu pasti menang dalam ujian”
Untuk mewujudkan misi tersebut, pentingnya melihat tempat
untuk meletakkan produk di tempat strategis agar lebih efisien untuk dibeli.
Kit Kat menemukan tempat yang mempunyai cabang lebih dari 20.000 tempat dan banyak
dikunjungi masyarakat setiap minggu, yaitu kantor pos mengirim surat. Dalam pemasaran
tersebut, Kit Kat menjadi Kit-Kat Mail. Kit-Kat mail dengan isi yang lebih
banyak, packaging masih menggunakan gambar
bunga sakura, dan dibelakang packaging
tersebut terdapat space untuk menulis pesan kepada yang dituju. Bisa ditemukan di pos dan langsung mengirimkan
pesan untuk yang dituju. Dapat dilihat bahwa Kit Kat dapat disebarkan di 22.000
kantor pos dalam sehari tanpa kompetitor. Target market menjadi melebar ke seluruh masyarakat Jepang.
Berhasil tidaknya suatu perusahaan dalam memasarkan coklat dibutuhkan
teknik pemasaran yang baik dan tepat, sebab teknik dalam memasarkan sebuah
produk merupakan ujung tombak bagi perusahaan dalam mencapai tujuannya. Kit Kat
berhasil memasarkan dengan hasil kesuksesan yang belum pernah terjadi
sebelumnya. Untuk mencapai strategi pemasaran yang baik, perlu dianalisis
tentang marketing mix (product, place, price, promotion), menentukan target
market dan target audiens, strategi yang jelas, branding, promosi dan iklan, costumer relationship management, dan
yang lainnya.
Comments
Post a Comment