Analisa Iklan Bukalapak
Saat ini sedang maraknya toko online, diantaranya adalah Bukalapak. Tau dong yang namanya Bukalapak? Bukalapak merupakan sebuah platform untuk jual-beli
barang yang siapa pun dapat membuka situs tersebut, melayani penjual dan
pembeli dari seluruh Indonesia. Yang gue suka dari Bukalapak ini adalah iklan yang dapat
dikemas dengan alur cerita yang selalu bisa membuat audiens tertarik, contohnya
seperti yang dibawah ini
Gue ingin membahas tentang iklan Bukalapak yang berjudul “Pak,
Maafin Ibu Ya.”
Dalam iklan tersebut diceritakan bahwa terdapat keluarga
yang terdiri dari bapak, ibu, dan anaknya yang bernama Tania. Sewaktu ibu
sedang membereskan barang-barang rumah, secara tidak sengaja ibu memecahkan
vinyl kesukaan bapak yang berjudul “The Nusa”. Ibu tersentak dan bergegas ke
toko vinyl untuk membeli vinyl yang baru. Mencari sebuah vinyl yang sama
merupakan perjuangan yang cukup melelahkan, berangkat dengan metromini, menuju Jalan
Surabaya, Pasar Santa, dari satu toko ke toko yang lain, namun tidak ada
satupun toko yang menjual vinyl “The Nusa”. Sehingga waktu menunjukan waktu
malam dan akhirnya ibu pun pulang ke rumah.
“Duh, itu nggak ada yang jual sekarang, itu kan kenangan
bapak saat waktu bapak ngeband, aduh.. gimana sih, Bu..” ucap bapak.
Tania merasa kasihan kepada ibunya, akhirnya ia membuka
Bukalapak dan mencari vinyl tersebut, namun tidak ada stok yang tersedia. Perjuangan
mencari vinyl tidak berhenti disitu, bukalapak mempunyai fitur “komunuitas.bukalapak.co.id”
yang isinya berbentuk forum. Ia pakai untuk menanyakan “Ada yang jual vinyl The
Nusa nggak?” beberapa orang menjawab
namun ternyata jawabannya tidak sesuai yang diharapkan.
Akhirnya ia berkumpul menemui teman-temannya yang ternyata
juga bekerja di Bukalapak, mereka berempati mendengarkan kisah Tania dan ada
salah satu temannya yang mengusulkan ide, yaitu membuat rekaman video bersama teman-temannya
untuk menyanyikan “The Nusa”. Akhirnya dibantu dengan fitur “Kopdar” dari Bukalapak.
Mereka berkumpul dan merekam video untuk Bapak.
Tekad Tania untuk memperbaiki hubungan kedua orang tuanya membuat
mereka senang dan terharu.
Menurut gue, pesan yang ingin disampaikan adalah Bukalapak
bukan hanya sekedar platform, tapi mempunyai berbagai ide dan solusi untuk memecahkan
masalah konsumer. Menunjukkan bahwa Bukalapak sangat mengerti konsumer sehingga
membuat beberapa fitur tambahan seperti komunitas Bukalapak untuk bisa
berinteraksi antar sesama Bukalapak, dalam fitur tersebut terdapat banyak
informasi dan tips & trik, bahkan bisa membuat topik sendiri. Lalu
ditambah lagi fitur “Kopdar” yang berisi informasi ajang pertemuan antara sesama
pengguna, terdapat acara baksos, kelas, dan lainnya. Pesan-pesan tersebut dapat
disampaikan dengan mudah kepada audiens dengan dikemas oleh alur cerita yang menarik
sekaligus dapat membuat haru.
Comments
Post a Comment