HOW TO MOTIVATE YOURSELF TO CHANGE BEHAVIOUR

Ketika manusia mendengar sebuah kata larangan seperti “jangan lihat!” maka kita cenderung lebih penasaran dan pesan yang tadinya sebuah larangan malah tidak tersampaikan. Mengubah perilaku seseorang dengan pesan negatif dan mengancam merupakan hal yang tidak selalu efektif.

Untuk itu, saya akan membahas lebih jauh topik yang dibicarakan oleh Tali Sharot di dalam acara Ted Talks yang membahas tentang bagaimana memotivasi seseorang untuk mengubah kebiasaan buruk yang terlepas dari larangan dan ancaman 




dari video diatas dapat dikatakan bahwa kita ingin sekali mengubah kebiasaan buruk yang terdapat pada diri kita maupun untuk orang lain agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Namun masih banyak yang beranggapan bahwa dengan memasukan larangan dan ancaman seolah-olah adalah alasan yang tepat untuk mengubah kebiasaan buruk manusia, padahal kenyataannya hanya berpengaruh sedikit atau tidak efektif. 

Bahkan ketika suatu iklan terdapat larangan akan menimbulkan boomerang effects, contohnya ketika seseorang mengatakan bahwa merokok menyebabkan kematian yang lebih cepat, orang tersebut bisa berkata bahwa kakeknya juga merokok , tetapi tetap berumur Panjang.

Kebanyakan orang akan mengambil sebuah informasi yang memang ingin mereka dengar. Ada sebuah eksperimen ketika seseorang telah melakukan 50%, lalu ada sebuah 2 ekspert memberikan sebuah pendapat, ekspert A menilai “40% kedepannya akan lebih baik” sedangkan ekspert B menilai “60% kedepannya akan lebih buruk”. Sehingga anak-anak dan dewasa memilih opini positif, sedangkan remaja masih menerima hal negative untuk menyadari kesalahannya.



Saya akan mencoba re-design sebuah iklan masyarakat melalui 3 metode yang ada diatas, iklan yang saya pakai adalah seperti ini :


Hasil Re-Design :

Pesan yang ingin disampaikan oleh iklan masyarakat ini adalah untuk menjaga bumi, tindakan kecil seperti menggunakan tissue toilet dengan bijak (tidak membuang – buang tissue) pun sebenarnya sangat mempengaruhi dan menambah impact yang besar untuk bumi ini. Tulisan “SMALL ACT BIG IMPACT” dan metafora bumi sebagai tissue ini adalah sebagai progress monitoring karena menyadarkan audience bahwa kita bisa berpartisipasi untuk menyelamatkan bumi dengan effort yang kecil, loh.

Type “WE’VE ALREADY SEEING THE EFFECTS OF HUMAN-CAUSED CLIMATE CHANGE” sebagai Social Inccentives karena menyadarkan audience tentang banyaknya tragedy global warming yang terjadi adalah akibat manusia sendiri

Type “FOR A BETTER WORLD” sebagai Immidiate Rewards karena dengan melakukan tindakan kecil, kami tetap bisa berpartisipasi dengan mengurangi global warming


Comments

Popular posts from this blog

ANALISA PRODUK SELAI NUTELLA

DOVE - CHOOSE BEAUTIFUL. BRAND YANG MENGIKLANKAN DENGAN MEDIA UNIK

ANALISA COPYWRITING BRAND SPOTIFY